Sabtu, 22 Desember 2012

surat kaleng untuk bunda



Cahaya matahari dengan cepatnya masuk ke kamarku ketika bibi membuka gordyn kamar yang di dalamnya aku masih terlelap tidur dengan pulasnya. Kini pun aku merasa ada yang menyetuh kaki ku dan sekilas aku mendengar suara yang semakin mendekat dan ia berkata “ nooon bangun nooon sudah jam 7 pagi,  memang nooon gak pergi sekolah... “ . iyaaa bii ntar dulu mitha masih ngantuk taaaau... lagiaaan ini kaan weekend bii, dengan nada mengantuk ia mengucapkannya.. oya maaf noon bibi lupa , ujar wanita setengah baya yang telah merawatnya sejak ia kecil..

                                ****

Kini aku sudah tidak mengantuk lagi...seketika aku melihat sekeliling  kamarku...apa ada yang berbeda ? aku melirih ke arah jam dinding ternyata tidak ada yang berbeda selalu arah jarum jam berputar 360 sesuai porosnya.. dan ketika aku menoleh, aku melihat sebuah benda yang berisi dengan angka dan di atasnya disertai sebuah ilustrasi, yaap aku melihat sebuah kalender dan aku melihat ada yang berbeda... tanggal terus berganti, bulan pun juga begitu, dan tahun pun ikut berganti. ternyata hari ini tepat tanggal 22 desember, dan di bawahnya terdapat notes “ birthday bunda and happy days bund“.  Setelah melihat itu, aku memejamkan mata sambil menundukan kepala dan seolah-olah ada hal terpendam ...
Tiba..tiba terdengar suara bising diluar yang mengacaukan semua pikiranku dengan meneriakan mithaaaaa...... mithaaaaaaaaaaaaa sambil mengetuk pintu kamarnya, ujar sitha sahabatnya sejak kecil. Udaah masuk aja tha gak di kunci kok... dan ketika sitha masuk ke dalam kamar nya sitha langsung merangkul sahabatnya itu .. ngapain lo jam segini belum mandi?ayo mandi.mandi...!!  Mending kita ke mall ajah yuk ada SALE looh, ujar sitha dengan suara cemprengnya. Iya deh gua mandi tunggu yaah.. dasar bawel :p ketika sitha melihat ke kalender  dalam hati ia bersuara “Mitha...mitha, gua tau kok apa yang lu rasain sekarang walaupun lu gak cerita ke gua ”

****

Aku kini sudah cantik, dengan dress yang anggun dan sepatu kets kesayangannku dan aku siap untuk bersenang-senang hari ini, yeeeeaaaaaaaah, teriak mitha. Ketika sitha melirik ke arah sahabatnya itu ia hanya melebarkan senyum manis di bibirnya...  dan sitha mulai menggas mobil nya ke arah PIM....  dengan sekitar waktu 1 jam-an perjalanan kini, aku dan sitha sudah berada di PIM.. seperti mall pada umumnya , semuanya berlalu lalang mencari keperluannya  dan dari jarak beberapa meter aku sudah melihat baliho besar yang ber ilustrasi pohon cemara dan bertulisan selamat natal dan tahun baru. ada anak muda dengan pasangannya masing2, ada wanita paruh baya yang di dampingi sang anak untuk belanja atau hanya sekedar jalan-jlan. Entahlah mereka mempunyai urusan masing2. Dan kini pun giliranku dan sitha untuk siap berburu. Dan sitha menarik tanganku untuk segera beranjak ke tempat yang tertampang besar tulisan SALE!! Ketika ku melihat ke arah sekerumunan orang, aku menghela nafas  dan sudah aku duga “ dimana ada sale, disitu ada para wanita”.  Entahlah sahabatku sitha dimana dia sangat antusias , maklum lah shopaholic. :D dan sitha berteriak “ mithaaa cepetaaaaaaaan banyak barang bagus”.

Tidak berasa waktu sudah menunjukan pukul 13.30, aku dan sitha sudah puas belanja dan kini aku mencari tempat untuk makan siang. Aku sudah mendapat tempat untuk makan yang suasananya enak, dan di kafe itu ada acara “greeting for bunda” . ketika aku melihat ke arah sana aku tersenyum melihat tingkah pola anak kecil, hati ku merasa tersentuh ketika ku mendengar banyak ucapan dari anak-anak itu untuk mamanya masing2.. dan tiba-tiba sitha mengelus bahu ku dari belakang, dan berkata “ lo kenapa?  Lo kangen bunda yaah? Gua tau kok lo sedihkan..?  udah mith gausa ada yang lu sembunyiin dari gua, kita sahabatan udah lama gua kenal lu gimana.  dan seketika air mataku jatuh, dan kepalaku kini berada di bahu sitha.. iya tha .. gua kangen sama bunda... gua kangen banget tha.... udah 2 tahun gua kehilangan sosok bunda di hidup gua , gua kangen bunda, berkata dengan nada yang tersendu-sendu. cuuup..cuppp udah yaa mith, lu gak boleh kaya gini.. bunda kan udah di surga , kan masih ada bokap lu yang sayang sama lu. Sebelum lo ngerasain kaya gini gua juga pernah ngerasain hal yang sama, jadi lo harus tegar  oya coba deeh lu tulis kata-kata buat bunda lo di kertas ini, ucap sitha. Buaat apaan tha? Udah tulis ajah ntar juga gua kasih tau..  setelah makan dan menulis , sitha langsung menggas mobilnya ke pantai di daerah jakarta utara.

Oya mith tadi surat lu mana? Coba deh lu masukin surat ini ke dalam kaleng ini.... abiss itu lo perlahan taro kaleng itu di tepi pantai.. looh ntar kebawa air dong... ? udah taro ajah bawel banget sih.. naaah lo lihat deeh(sambil menunjuk ke arah kaleng) kaleng itu perlahan ke bawa ombak dan lama2 akan hilang, naaah ibaratnya gini kaleng itu adalah bunda lo dan surat itu adalah lo.. jadi seberapa jauh pun bunda lo gak ada di samping lo, lo akan tetap merasa lo adalah bagian dari bunda lo yang gak bisa di gantikan dengan kaleng2 yang lain alias mamah baru.. haha :D Setelah itu, coba deh tadi apa yang lo tulis di surat kaleng  itu lo bacain buat bunda lo , ucap sitha :)

Bundaaa...............................
Lihat aku... kini aku sudah tumbuh besar ... ini semua karena bunda..
Bunda yang selalu merawatku ketika anggota badan ini sakit...
Bunda yang selalu menasehatiku ketika aku melakukan kesalahan....
Bunda yang menghapus air mataku ketika aku sedih....
Bundaaaaaaa..........................
Aku sangat merindukan semuanya dari bunda....
Kasih sayang bunda.... pelukan bunda....
Masakan bunda.....its all about you bunda.....
Bundaaaaa................
Happy birthday ........
Happy momzday........
 I love you so much.. i miss you bund :*


Anakmu yang selalu dihatimu

Mitha

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar