Rabu, 04 September 2013

dasar - dasar marketing

Hay readers... hari ini gua akan membahas tentang dasar – dasar marketing. Sebelum kita masuk ke intinya yuuk kita bahas dulu apasih  definisi marketing?

Pengertian marketing / pemasaran menurut para ahli :

  Menurut American Marketing Association , Pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, dan distribusi sejumlah ide, barang dan jasa, untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi.

  Menurut Kotler (1997) pemasaran didefinisikan sebagai proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain.

  Menurut Hanafiah dan Saefuddin (1986), pemasaran merupakan tindakan yang bertalian dengan pergerakan barang-barang atau jasa dari produsen ke tangan atau pihak konsumen.
Jadi, marketing atau dalam bahasa indonesianya Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pengertian-pengertian di atas bersandar pada konsep inti pemasaran, yang meliputi: kebutuhan (needs), keinginan (wants) dan permintaan (demands); produk (barang, jasa, dan gagasan); nilai, biaya, dan kepuasan; pertukaran dan transaksi; hubungan dan jaringan; pasar; serta pemasar dan prospek.

1.      Kebutuhan
Menurut teori Maslow kebutuhan manusia dapat diuraikan mulai dari tingkat dasar yaitu kebutuhan akan makanan, tempat berlindung, keamanan, hak milik, dan harga diri (aktualisasi diri). Kebutuhan makanan bisa bersumber dari tumbuhan seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan, bersumber dari hewan seperti susu, daging, telur, dan ikan.

2.   Keinginan
Keinginan adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik. Keinginan akan suatu kebutuhan dipengaruhi oleh banyak faktor seperti sosial, ekonomi,  budaya,  dan selera.

3.   Permintaan
Permintaan adalah keinginan akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya. Keinginan manusia biasanya tidak terbatas, sedangkan kemampuan untuk membelinya terbatas. Keinginan akan berubah menjadi permintaan jika masyarakat mampu membelinya.

4.   Pasar,  Pemasar,  dan Pembeli
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut. Pemasar adalah seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli. Calon pembeli adalah seseorang yang diidentifikasi oleh pemasar sebagai orang yang mungkin bersedia dan mampu melakukan pertukaran nilai.

Marketing Mix (4P) :

1.       Product
Menguasai barang dagangan yang dijual,baik keunggulannya,spesifikasinya,dan hal-hal lain yang berhubungan dgn produk tersebut ( produk yg bermutu).

2.       Price
Menguasai berapa harga barang tersebut,harga jualnya,keuntungan yang bisa diraih,dll (Harga yang kompetitif).

3.       Promotion
Bisa mempromosikan/memperkenalkan produknya kepada semua orang,agar orang lain tertarik untuk membeli (Promosi yang gencar)

4.       Place
Seorang marketing yg pandai,tahu dimana ia harus melakukan trik-trik tertentu.Juga tahu tempat/sasaran yang dituju,dimana produknya akan laku dijual.Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran (Tempat yang strategis).



#politekniknegerijakarta
#teknikgrafikapenerbitan
#komunikasipemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar