Hay readers... hari ini gua akan membahas tentang dasar –
dasar marketing. Sebelum kita masuk ke intinya yuuk kita bahas dulu apasih definisi marketing?
Pengertian marketing / pemasaran menurut para ahli :
Menurut American Marketing Association , Pemasaran
merupakan suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, dan
distribusi sejumlah ide, barang dan jasa, untuk menciptakan pertukaran yang
mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi.
Menurut Kotler (1997) pemasaran didefinisikan
sebagai proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,
menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain.
Menurut Hanafiah dan Saefuddin (1986),
pemasaran merupakan tindakan yang bertalian dengan pergerakan barang-barang
atau jasa dari produsen ke tangan atau pihak konsumen.
Jadi, marketing atau dalam bahasa indonesianya Pemasaran
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan
informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan
dan keinginan manusia. Pengertian-pengertian di atas bersandar pada konsep inti
pemasaran, yang meliputi: kebutuhan (needs), keinginan (wants) dan permintaan
(demands); produk (barang, jasa, dan gagasan); nilai, biaya, dan kepuasan;
pertukaran dan transaksi; hubungan dan jaringan; pasar; serta pemasar dan
prospek.
1.
Kebutuhan
Menurut
teori Maslow kebutuhan manusia dapat diuraikan mulai dari tingkat dasar yaitu
kebutuhan akan makanan, tempat berlindung, keamanan, hak milik, dan harga diri
(aktualisasi diri). Kebutuhan makanan bisa bersumber dari tumbuhan seperti
biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan, bersumber dari hewan seperti susu,
daging, telur, dan ikan.
2. Keinginan
Keinginan adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik.
Keinginan akan suatu kebutuhan dipengaruhi oleh banyak faktor seperti sosial,
ekonomi, budaya, dan selera.
3. Permintaan
Permintaan adalah keinginan akan produk spesifik yang
didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya. Keinginan manusia
biasanya tidak terbatas, sedangkan kemampuan untuk membelinya terbatas.
Keinginan akan berubah menjadi permintaan jika masyarakat mampu membelinya.
4. Pasar,
Pemasar, dan Pembeli
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki
kebutuhan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia melaksanakan pertukaran
untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut. Pemasar adalah seseorang yang
mencari satu atau lebih calon pembeli. Calon pembeli adalah seseorang yang
diidentifikasi oleh pemasar sebagai orang yang mungkin bersedia dan mampu
melakukan pertukaran nilai.
Marketing Mix (4P) :
1. Product
Menguasai barang dagangan yang dijual,baik
keunggulannya,spesifikasinya,dan hal-hal lain yang berhubungan dgn produk
tersebut ( produk yg bermutu).
2. Price
Menguasai berapa harga barang tersebut,harga
jualnya,keuntungan yang bisa diraih,dll (Harga yang kompetitif).
3. Promotion
Bisa mempromosikan/memperkenalkan produknya kepada semua
orang,agar orang lain tertarik untuk membeli (Promosi yang gencar)
4. Place
Seorang marketing yg pandai,tahu dimana ia harus melakukan
trik-trik tertentu.Juga tahu tempat/sasaran yang dituju,dimana produknya akan
laku dijual.Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran
(Tempat yang strategis).
#politekniknegerijakarta
#teknikgrafikapenerbitan
#komunikasipemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar